Kamis, 05 Mei 2016

#1 Ramadhan 1437 H

Gambar 1. Ilustrasi judul


                                                                                                          [Health]
Jasmani Kuat Sambut Ramadhan

Ramadhan hanya tinggal hitungan hari. Seorang muslim yang beriman akan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Persiapan menuju bulan Ramadhan pun tidak hanya dari segi materi, melainkan kembali melatih kebiasaan puasa dengan merutinkan puasa-puasa sunnah. Selain itu, persiapan yang juga penting adalah menjaga kesehatan jasmani. Apabila jasmani kuat, maka puasa Ramadhan dapat dilaksanakan dengan lancar.

Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan nikmat. Salah satu nikmat yang Allah senantiasa berikan adalah nikmat sehat. Allah tunjukan betapa nikmat sehat adalah bukti kasih sayangNya sesuai dalam hadist sahih muslim “Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah, (namun) pada keduanya ada kebaikan. Besemangatlah (mengerjakan/terhadap) hal-hal yang bermafaat bagimu, meminta tolonglah kepada Allah dan jangan malas...”

Bulan Ramadhan bukanlah ajang kita bermalas-malasan karena tubuh yang lemas. Ada yang berdalih bahwa puasa menyebabkan dehidrasi, bibir kering dan pecah-pecah, kepala pusing, dan lain-lain. Nah loh.. yang menyebabkan kita letih-lemah-lesuh bukanlah puasanya melainkan karena azzam yang tidak kuat dan kondisi jasmani yang tidak sehat. Jasmani yang tidak sehat akan menyebabkan produktivitas seorang muslim menurun dalam beramal. Apalagi saat puasa, kita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Sehingga konsentrasi dan energi yang digunakan akan lebih rendah dari hari-hari biasanya. 

 Maka mulai saat ini, mari memperbaiki pola makan yang tidak teratur. Belajarlah menahan hawa napsu dari terlalu banyak jajan dan ngemil. Sehingga saat puasa, tubuh kita sudah terlatih untuk tidak tergoda oleh napsu makan yang berlebihan. Selain itu, perbaiki pola makan sahur dan berbuka agar kondisi gula dalam darah tetap seimbang (Tips : perbanyaklah makan buah saat berbuka). Serta kita harus mampu mengontrol pengeluaran cairan di dalam tubuh agar tidak mudah mengalami dehidrasi (Tips : dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas di malam hari secara berangsur).

Kalian pasti tahu bahwa Ramadhan adalah bulan melimpahnya pahala. Ramadhan pula adalah bulan ibadah bagi setiap muslim. Bulan yang didalamnya diperintahkan untuk berpuasa, shalat tarawih, membaca Al-quran, bersedekah, itikaf pada sepuluh hari terakhir, dan lain sebagainya. Maka dari itu, mari kuatkan jasmani kita untuk meraih pahala dan rahmat Allah sebanyak-banyaknya. Wallahualam (Al_Izzah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar