Minggu, 20 September 2015

PRILAKU KONSUMEN - "Motivasi dan Kebutuhan"

MOTIVASI dan KEBUTUHAN
Let's join on my course ^^

UMI AZIZAH MARTINA


Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (http://ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakultas Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Department of Family and Consumer Sciences, (http://ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc
(www.sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc


Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.


Kuliah Senin Pagi 14 September 2014.

MOTIVASI dan KEBUTUHAN

Apa itu motivasi?
Motivasi apa yang saat ini kamu punya?
Saat kamu melangkahkan kaki mu ke sebuah tempat, saat kamu membuka selembar demi selembar buku yang akan kamu baca, saat kamu duduk di dalam sebuah kelas dan mengikuti semua jam-jam kuliah dan saat kamu memutuskan untuk menggapai cita-cita mu di IPB terecinta ini. Apa yang mendorong semua itu?

Nah.. dorongan dan alasan-alasan itulah yang disebut motivasi.

Namun pembahasan kali ini lebih kita tekankan pada Motivasi seseorang sebagai konsumen atau Motivasi prilaku konsumen.
Dalam studi prilaku konsumen, motivasi adalah dorongan yang muncul karena adanya kebutuhan yang konsumen.


dari gambar diatas : Motivasi hadir karena adanya sebuah kebutuhan atau keinginan yang tidak terpenuhi dan pada akhirnya menekan dan mendorong seseorang untuk berprilaku sesuai harapan entah itu berupa sebuah pembelajaran atau progres kognitif (Model Motivasi Schiffman dan Kanuk)

Apa itu Kebutuhan?
Apakah sama antara kebutuhan dan keinginan?

Jika makan adalah kebutuhan maka makan nasi rendang adalah sebuah keinginan.
jika baju adalah kebutuhan maka baju koko adalah sebuah keinginan.

maka dalam setudi prilaku konsumen, kebutuhan adalah apa yang seseorang rasakan (Felt Need). Kebutuhan memiliki beberapa faktor, yaitu faktor dari dalam diri dan dari luar diri. Faktor dari dalam misalnya fisiologis, biologis atau kebutuhan lainnya yang masuk kedalam primer needs. Sedangkan faktor dari luar adalah kebutuhan yang kita ciptakan dan termasuk kedalam secondary needs.

TUJUAN (GOALS)

Tujuan adalah salah satu cara untuk memenuhi sebuah kebutuhan. Tujuan terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum yaitu produk-produk atau hal-hal yang bersifat umum, sedangkan tujuan khusus ialah produk-produk yang bersifat khusus. Misalnya, kipas angin adalah produk umum sedangkan kipas angin cosmos adalah produk khusus.

TEORI KEBUTUHAN MASLOW


dari gambar diataas : Kebutuhan maslow menyebutkan adanya tingkat-tingkat hirarki dalam sebuah kebutuhan. Tingkat hirarki ini didasarkan oleh kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan hingga yang paling sedikit terpenuhi. Kebutuhan yang paling dasar ialah kebutuhan fisiologis seperti makanan, udara, sex dan lain sebagainya. Kebutuhan pada tingkat hirarkin kedua adalah kebutuhan rasa aman yaitu berupa perlindungan dan peraturan udangan-undang. Kebutuhan pada tingkat hirarki ketiga adalah kebutuhan sosial yaitu berupa rasa hormat, pertemanan dan rasa memiliki. Kebutuhan pada tingkat hirarki keempat adalah kebutuhan ego yaitu berupa status dalam masyarakat, rasa percaya diri dan harga. Dan terakhir, kebutuhan tingkat paling tinggi ialah aktualisasi diri yaitu berupa sukses dab kuasa. Menurut maslow tingkat kebutuhan harus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar