Senin, 21 September 2015

Artikel Ukhuwah -- Patah Hati dalam Ukhuwah

Patah Hati dalam Ukhuwah
Hay dear..
Kamu mungkin pernah mendengar namanya patah hati dalam urusan cinta tapi mungkin itu udah biasa. Nah sekarang ada nih patah hati jenis baru, namanya patah hati ukhuwah (hahaha). Patah hati jenis ini hanya dirasakan bagi insan-insan yang itsarnya begitu kuat kepada saudaranya eh tapi malah bertepuk sebelah tangan. Miris ya.

Guys.. kalian harus bener-bener paham dengan jenis patah hati yang satu ini. Bagaimana engga? Kalo jenis patah hati karena cinta aja efeknya luar biasa apalagi karena ukhwuah atau persahabatan? Iya kan. Nih ya.. kalo aja jenis patah hati ini kalian yang rasain. Gimana sih emang? Yap.. saat kalian perhatian sama orang yang kalian anggap sahabat udah gitu kalian paham apa itu itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya daripada kepentingan sendiri). Eh tiba-tiba temen kalian itu deketnya atau mainnya sama yang lain terus, ke kalian Cuma kalo ada butuhnya aja. Ngenes gak tuh??

Sebab itu yah guys.. please don’t be EGOIS. Kalian itukan gak hidup sendrian. Udah gitu coba deh kalian lebih peka dengan saudara-saudara kalian yang udah berkorban untuk kalian, itsarnya tinggi banget selangit, eh kalian malah cuek gitu aja. Hati-hati yang mba/mas bro, cari saudara atau sahabat macem tu gak mudah loh.. so.. jangan pernah sia-sia-in dan cuekin mereka gitu aja. Mereka itu lebih berharga daripada emas 24 karat. Inget yaa..

Nah.. sekarang aku kasih tips nih buat kalian, gimana sih caranya agar dalam persahabatan engga ada namanya patah hati?!!
The fisrt, look your heart and than ask about your NIAT! Nah.. ini nih yang super penting dalam bersahabat atau bahkan dalam melakukan segala hal. Lihat ke dalam hati mu dan tanyakan baik-baik ke hati mu apakah niat terbaikmu untuk berteman dengan mereka? Sebelum kalian kelamaan mikir, sekarang aku kasih tau aja yaa. Niat terbaik kita dalam bersahabat haruslah hanya karena dan kepada Allah subhanahu wata’ala. Semua hal apapun yang diniatkan atas dasar Allah, InsyaAllah akan terus berujung dan berbuah baik (aamiin). So, jangan lupa yaa, ask your heart!!

And than, Keep your relationship with your bestfriend. Jaga tuh baik-baik hubungan persahabatan kalian. Jangan sampe sedikitpun ada yang terdzolimi didalamnya. Penjagaan yang paling efektif adalah dalam komunikasi, InsyaAllah jika komunikasinya lancar, persahabatan kalianpun akan terus mengalir bak air sungai tanpa sampah. Eits jangan lupa ya, sesama sahabat pun harus saling terbuka, transparan, apa adanya, saling mengingatkan jika salah satu dari kita ada yang alfa ngasih senyuman, saling ngerangkul dalam suka dan duka. Beh.. kalo udah kaya gini nih. insyaAllah dijamin awet.

The last, gimana nih kalo ada persinggungan yang tak diduga padahal poin satu dan dua udah dijalanin? Hayoloh.. gimana yaa? Sekarang gini deh, kalo kalian udah belajar terbuka, coba sekarang belajar terbuka juga dalam mengungkapkan semua perasaan kesal, bete, marah dan lain sebagainya ke sesama sahabat. Tujuannya adalah agar tidak seorangpun dari kalian yang menyembunyikan semua itu biar gak lama deh sembuhnya. Jika sudah terbuka, saatnya saling menerima semua kesalahan dan berusaha untuk berlapang dada. insyaAllah dengan itu semua, kita menjadi paham apa itu itsar dan kitapun sudah menjalankannya dengan baik.
So.. don’t forget yaa.. berikan senyuman terbaikmu untuk orang-orang tersayangmu. Jika mereka melakukan salah, rangkullah mereka dan berikan pelayanan terbaik agar mereka bisa kembali ceria. Bukan berarti yang salah kita hindari namun berusaha berlapang dada dan memaafkan itu ternyata lebih baik loh. Yaa kaan??

MiUmi_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar